Thursday 15 May 2014

Solusi Nokia 5130 boros bateray

Nokia 5130 boros bateray


 Baterai boros pada ponsel terjadi karena adanya short (konslet) pada komponen ponsel tersebut. sedangkan short itu sendiri terbagi menjadi dua garis besar yaitu sort sebelum on dan short bsetelah on.
short sebelum on disebabkan karna adanya short pada komponen yang dilalui oleh tegangan vbat, pada banyak kasus yang saya temui short saat sebelum on lebih banyak dikarnakan komponen kapasitor yang jebol/terbakar , dan pada kasuslain banyak juga ditemukan karna terbakarnya IC PA,. setiap tipe ponsel mempunyai kelemhan yang berbeda beda , oleh karena itu pengalaman dalam mengatasi maslah short sangat membantu mempercepat analisa
dan short setelah on atau short setelah ponsel dihidupkan adalah dikarenakan adanya short pada komponen yang dilalui oleh tegangan kerja, sehingga short pada jenis ini lebih condong kepada permaslahan IC, short jenis ini mungkin agak lebih sulit analisanya, krna short jenis ini biasanya akan menimbulkan panas pada hampir semua ic, sehingga untuk memperkirakan bagian ic mana yng short akan lebih sulit.
ok kali ini saya akan shared pengalaman saya mengatasi short setelah on pada nokia 5130 experss mussic.
Contoh kasus ponsel bisa hidup akan tetapi panas, dan bateray boiros, akan tetapiu saat ponsel dimatikan ponsel tidak panas lagi. sehingga dipastikan short terjadi setelah on.
 selanjutnya analisa kita lanjutkan dengan melihat kondisi ponsel saat hidup, lihat signal bila signal kosong atau lemah , maka bisa dipastikan IC PA short sasya sarankan untuk super ekstra hati hati dalm penggantian ic pa pada ponsel tipe ini, krna ic PA sangat berdekatan dengan ic RF yang sangat sensitif terhadap panas, ic rf gembung= matot, bila signal normal lanjutkan untuk menghidupkan fungsi blutooth lihat bila tidak bisa dihidupkan bluetootnya atau ponsel tiba tiba restart maka dipastikan ic bluetoot short.
lihat pic dibawah
Solusi Nokia 5130 boros bateray
Solusi Nokia 5130 boros bateray



demikian solusi nokia 5130 boros bateray menurut pengalaman saya semoga membantu


3 comments:

  1. berarti kalo misal dibuang saja tidak masalah??
    atau harus diganti??

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo dibuang brrti blututnya gak bisa dihiipin, tapi hp nrmal

      Delete

Silahkan ber tanya dan Komentar yang baik dan sopan

Silahkan Copas asal Sertakan Link sumber. blog ini dibawah perlindungan DMCA